Sekolah Khoiru Ummah Cianjur

Rabu, 31 Agustus 2022 Khoiru Ummah Cianjur bekerjasama denga Puskesmas Cianjur Kota dalam melaksanakan kegiatan “Bulan Imunisasi Anak Sekolah dan Penjaringan Kesehatan” yang diselenggarakan oleh setiap tahun untuk peserta didik yang baru masuk ke sekolah.

Penyelenggaraan BIAS ini berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor 1059/Menkes/SK/IX/2004 dan mengacu pada himbauan UNICEF, WHO dan UNFPA tahun 1999 untuk mencapai target eliminasi Tetanus Maternal dan Neonatal (MNTE) pada tahun 2005 di negara berkembang. Selain itu, BIAS merupakan salah satu bentuk kegiatan operasional dari imunisasi lanjutan pada anak sekolah yang dilaksankan setiap tahun di seluruh Indonesia. Pasalnya, imunisasi yang dilaksanakan ketika bayi belum cukup untuk melindungi terhadap penyakit PD3I (Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi) sampai usia anak sekolah. Hal ini disebabkan karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan terhadap tingkat kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi.

Adapun, penjaringan kesehatan dilakukan sebagai bentuk deteksi dini untuk menemukan adanya gangguan modalitas belajar yang dapat berpotensi mengakibatkan terjadinya kesulitan belajar pada anaksehingga dapat segera dilakukan tindakan intervensi.

 

1 comment on “Bulan Imunisasi Anak Sekolah dan Penjaringan Kesehatan

  1. Right here is the right site for anybody who wants to find out about this topic. You know a whole lot its almost tough to argue with you (not that I personally will need toÖHaHa). You certainly put a fresh spin on a topic which has been discussed for many years. Excellent stuff, just wonderful!
    דירות דיסקרטיות בנתניה

Leave a Reply

Your email address will not be published.